Pendidikan Pondok Pesantren Dan Madrasah Diniyah Desa Kalisidi

Santri Dan Aktivitas Di Kalisidi

Share on :

Tendensi Al-uqolak Desa Kalisidi

KALISIDI,AL-UQOLAK- Menghadapi era sekarang ini hampir semua tatanan kehidupan umat di dunia khususnya Indonesia mengalami perubahan yang amat signifikan. Lembaga sosial kemasyarakatan, kenegaraan, keluarga bahkan lembaga keagamaan tidak luput dari pengaruh arus deras globalisasi. Maka dari itu tidak sedikit terjadi ketidak seimbangan nilai-nilai di segala bidang kehidupan. Terus apa reaksi santri yang hampir seluruh waktunya di kerahkan untuk mendalami ilmu agama yang mau tidak mau harus menghadapi hal ini. Apakah lari dari kenyataan dan menutup diri? Tentu saja itu bukan pilihan yang tepat.
Santri adalah bagian dari masyarakat yang telah menjadi great expectations untuk keluarga dan masyarakat. Agar pada saat pulang dari pesantren nanti santri mampu mengajak mereka untuk bisa menghadapi zaman yang penuh tantangan ini yang selalu menggerogoti iman tawakkalnya kepada Alloh subhanahu wataala. Mampu membimbing dan mengarahkan mereka menuju hidup yang istiqomah. Melihat tugas dan tantangan yang begitu besar, maka tak ada lagi solusi, selain menjadikan santri sebagai figur manusia yang kuat jiwanya, tidak mudah terguncang oleh gelombang ganas kehidupan, juga cerdas dan luas wawasannya supaya bisa memecahkan segala masalah yang menimpa dirinya dan masyarakat sekitarnya. Selain itu juga tanggap dan terampil.
Untuk membentuk karakter santri seperti yang diharapkan ini, maka sebuah pesantren dituntut adanya suatu sistem yang betul- betul terarah dan terorganisir. Desain bangunan aktifitas santri keseluruhannya harus mengarah kepada tujuan yang bisa menghadapi problem dunia supaya selamat di akhirat dan mulia di sisih Alloh SWT. Disinilah arti penting aktivitas santri dan sistem instalasinya, karena hal inilah yang akan membentuk kepribadian dan prilaku santri ketika ia kembali ke tengah – tengah masyarakat nanti.
Segala puji untuk Alloh, hal ini sudah menjadi perhatian di ponpes Al-uqolak. Setidaknya berbagai kegiatan santri Al-uqolak Desa Kalisidi Ungaran Barat sudah menuju ke arah sana, kendati masih belum mencapai kesempurnaan.Dengan rahmat Alloh dan ke agungannya semoga semua santri didunia ini khususnya Indonesia terlebih lagi kami yang ada di ponpes Al-uqolak yang masih dangkal dalam memahami ilmu agama semoga senantiasa diberi hidayah oleh Alloh SWT,sehingga ponpes Al-uqolak Desa kalisidi bisa membentuk santri yang sholih dan siap menghadapi tantangan era globalisasi ini.Amin.

1 komentar:

Makhrus mengatakan... 1 Januari 2015 pukul 02.25

aminnnnn

Post a Comment and Don't Spam!