Pendidikan Pondok Pesantren Dan Madrasah Diniyah Desa Kalisidi

Sistem Pembelajaran Ponpes Al-uqolak

Share on :
KALISIDI,AL-UQOLAK-Salah satu system pembelajaran di pondok pesantren salaf adalah pengajian bandongan,system bandongan adalah ngaji bersama-sama dengan menyimak dan memberi makna/arti kitab-kitab salaf yang lebih akrab disebut kitab kuning yang dibacakan oleh masayih atau ustadz.Dikatakan bandongan mungkin di ambil dari kata berbondong-bondong karena santri berbondong bondong untuk menyimak apa yang dibaca masayih.
Demikian halnya pondok pesantren Al-uqolak Desa kalisidi ungaran barat kota semarang Salah satu system pembelajarannya adalah system Bandongan.Bahkan sebelum berdirinya Madrasah Diniyah Manbaul uqul, kegiatan pengajian bandongan ini merupakan kegiatan utama dalam belajar mengajar di Pondok Pesantren Al-uqolak Desa kalisidi.
Selain meningkatkan persepsi para santri tentang ilmu-ilmu salaf, system pembelajaran ini juga dianggap sangat efektif untuk lebih mengkonsolidasikan hubungan bathin antara santri dengan para Kyai maupun para ustadz yang menjadi pembaca dalam pengajian bandongan tersebut.
Aktivitas ini dilaksanakan diluar jam sekolah dan takror (musyawaroh bersama untuk mengulang mata pelajaran madrasah dengan dipimpin seorang moderator dan reader/pembaca).
Selain bandongan adalah system pembelajaran Sorogan,dengan system ini seorang santri akan terlihat seberapa bisa dia dalam membaca dan memahami kitab-kitab salaf yang berbahasakan Arab sekaligus praktek ilmu nahwu/shorof (ilmu untuk mengetahui susunan bahasa Arab) karena dalam system ini setiap santri akan di uji satu persatu dihadapan kyai atau ustadz dan didampingi semua santri.

0 komentar on Sistem Pembelajaran Ponpes Al-uqolak :

Post a Comment and Don't Spam!